5 Tips Memilih Sabun Mandi yang Bagus untuk Kulit


Sebagian besar orang memilih sabun mandi yakni dari banyaknya busa, wangi, kemasannya menarik, harga yang terjangkau, dan yang terakhir bisa digunakan oleh semua anggota keluarga. Padahal pemilihan sabun sebaiknya dilakukan dengan teliti karena penting dalam menjaga dan memperbaiki kulit agar tetap sehat. Berikut tips memilih sabun yang tepat.

1. Kenali Tipe Kulit Masing-Masing

Setiap tipe kulit juga berpengaruh dalam pemilihan produk sabun mandi. Anda harus mengetahui tipe kulit Anda, apakah berminyak, sensitif, berjerawat, atau normal. Kondisi kulit berminyak pasti tidak sama sabun yang digunakan dengan tipe kulit normal, begitu juga sebaliknya.

Jika kulit Anda normal, biasanya memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang, sehingga kulit normal biasanya jarang memiliki masalah. Sedangkan pada kulit berminyak terdapat pori-pori yang membesar, kulit kusam, banyak terdapat komedo, dan mudah sekali berjerawat. Selain itu produksi minyak berlebih menyebabkan kotoran menempel di kulit.

Jika kulit Anda kering, maka kulit memiliki kandungan minyak yang sedikit. Cirinya kulit terlihat kusam. Selain itu, kulit punya sisik halus dan cepat mengelupas. Sebaiknya Anda menggunakan sabun yang memiliki kandungan moisturizer seperti susu maupun minyak zaitun. Moisturizer akan menjaga kelembapan kulit Anda.

2. Cocokkan Sabun Sesuai Jenis Kulit

Jika Anda memiliki kulit kering, maka gunakan sabun berbentuk krim. Sabun berbentuk krim biasanya mengandung pelembap yang cukup. Sedangkan untuk kulit yang berminyak gunakan sabun batangan atau sabun berbentuk gel karena memiliki kandungan minyak yang sedikit.

Semakin kulit Anda sensitif, maka sebaiknya pilih jenis sabun yang memiliki kandungan wewangian dan hypoallergenic sedikit. Kandungan parfume biasanya bisa menyebabkan reaksi alergi dan iritasi di kulit sensitif. Jangan gunakan sabun yang memiliki kandungan tambahan karena hanya akan menyebabkan kulit Anda merah-merah bahkan mengelupas.

3. Baca Cermat Label Setiap Sabun yang akan Digunakan

Sebelum menggunakan sabun tertentu, sebaiknya kenali dulu merek yang cocok dan baca teliti label produk sabun mandi sesuai dengan tipe kulit. Temukan tulisan hypoallergenic, hydrating, soft, creamy, moisturizing, dan non-fragranced. Gunakan sabun hydrating untuk kulit kering, gunakan non-fragranced untuk kulit sensitif, dan lain sebagainya.

Kandungan tertentu bisa menyebabkan banyak masalah kulit, sehingga Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih sabun untuk mandi. Kebutuhan mandi setiap hari bisa berpengaruh jika salah penggunaan jenis sabun.

4. Sesuaikan dengan Aktivitas Anda

Jika kegiatan Anda setiap hari menyebabkan keringat berlebih, misal olahraga dan banyak bergerak, maka pilihlah sabun antibakteri. Tapi jangan lupa mengaplikasikan pelembap setelahnya karena sabun antibakteri bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh karenanya, jangan menggunakan jenis sabun ini secara rutin.

5. Sabun dengan Tambahan Manfaat Lain

Beberapa jenis sabun menawarkan eksfoliasi, misal dengan menambahkan beads, gula maupun garam untuk menghilangkan kulit mati dan membuatnya tampak mulus. Jika kulit Anda sensitif, maka cari sabun yang mengandung sodium cocoryl isethionate (SCI). Kandungan ini dianggap sebagai deterjen paling ringan dan bisa dipakai di berbagai sabun mandi premium.

Selain itu, harganya memang mahal, tapi kandungan ini aman untuk tipe kulit sensitif maupun kulit yang cenderung kering. Sehingga Anda harus tahu terlebih dulu beberapa kandungan dalam sabun sehingga tidak bingung ketika akan menggunakannya.

Memilih sabun mandi memang ada baiknya butuh uji coba terlebih dulu. Anda bisa mencoba beberapa merek sehingga Anda bisa menemukan sabun mana yang paling pas untuk kebutuhan kulit Anda. Sesuaikan sabun mandi dengan tipe kulit, aktivitas, serta tidak mengandung bahan-bahan yang bisa menyebabkan kulit iritasi, berjerawat, hingga kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *