Ketahui 5 Hal Ini agar Tak Tertipu Saat Membeli Produk Asuransi


Berbicara tentang asuransi, tentunya semua orang akan berpikir tentang manfaat dna keuntungan yang bisa didapatkan. Memiliki asuransi sama halnya dengan Anda sudah memiliki perencanaan asuransi untuk perlindungan yang mungkin terjadi. Memilih asuransi juga tak boleh asal pilih saja. Nah berikut 5 hal yang perlu Anda ketahui agar tak tertipu saat membeli produk asuransi.

  1. Manfaat yang Mampu Diberikan

Seperti yang sudah diketahui bahwa asuransi bermanfaat untuk memberikan perlindungan kepada para pemegang polis. Untuk itu sangat penting bagi Anda memperhatikan manfaat perlindungan yang akan didapatkan. Pasalnya memastikan manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari asuransi yang dibeli merupakan elemen yang cukup penting untuk diperhatikan sebelum membeli.

Contohnya ketika Anda memutuskan untuk membeli produk asuransi, pastikan untuk menanyakan berapa besarnya UP yang akan diterima oleh ahli waris. Jika sudah mendapatkan besarnya nominal yang mampu diberikan. Maka Anda bisa menghitung apakah jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga setelah Anda meninggal, minimal 5 tahun ke depan.

  1. Besarnya Premi dan Periode Pembayaran Premi Asuransi

Besarnya premi yang harus dibayarkan juga merupakan poin penting yang perlu Anda perhatikan. Tak hanya bermanfaat untuk membandingkan manfaat yang akan diperoleh saja, namun dengan mengetahuinya Anda juga akan mengetahui apakah besarnya premi tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda atau belum.

Periode pembayaran premi asuransi juga merupakan hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Apakah premi tersebut tersedia dalam jangka waktu bulanan atau tahunan. Selain itu, ketahui juga bagaimana teknisi pembayaran yang diberikan. Apakah bisa dilakukan dvia transfer, pembayaran langsung, atau bahkan auto debet.

  1. Perlindungan yang Diberikan

Pastikan Anda juga mengetahui perlindungan apa saja yang mampu diberikan dari jenis asuransi yang Anda pilih. Misalnya ketika Anda membeli asuransi kesehatan, tanyakan jenis penyakit apa saja yang mampu dicakup dalam asuransi tersebut. Pastikan juga untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Terlebih lagi jika Anda memiliki riwayat penyakit kritis atau penyakit keturunan.

  1. Pilih Jenis Produk yang Paling Sesuai

Ketika memutuskan untuk membeli asuransi, jangan pernah lupa untuk menanyakan jenis produk yang ditawarkan. Apakah produk tersebut merupakan asuransi tradisional atau kombinasi antara asuransi dan investasi. Terlebih lagi terkadang ada beberapa jenis asuransi yang disebut sebagai unit link.

Pasalnya setiap jenis asuransi yang Anda pilih akan mempengaruhi besarnya biaya yang harus dibayarkan dan manfaat apa saja yang akan didapatkan. Tak hanya itu pemilihan jenis asuransi ini juga akan mempengaruhi jumlah UP yang akan Anda dapatkan. Pastikan Anda mengetahui jumlah UP yang akan diterima dengan rinci. Begitu pula untuk ditail investasi pada produk yang dipilih.

  1. Proses Klaim yang Ditawarkan

Proses klaim asuransi juga merupakan salah satu poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli produk asuransi. Jangan lupa untuk menanyakan mengenai prosedur klaim asuransi dan syatar yang harus dipenuhi ketika hendak melakukan pengajuan klaim.

Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah apakah perusahaan asuransi yang Anda pilih memiliki kantor cabang di kota domisili Anda. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan guna memastikan bahwa ada perwakilan perusahaan yang bisa Anda jangkau ketika hendak mengajukan klaim asuransi.

Itulah beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli produk asuransi agar tak tertipu. Jika sudah memperhatikan berbagai hal di atas, jangan lupa untuk membaca dan memahami secara saksama mengenai detail yang ada di dalam polis. Anda juga bisa mengajukan asuransi dengan proses yang lebih mudah dan dapat dilakukan secara online hanya di simplr.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *