Komponen yang Perlu Diperiksa saat Service AC Mobil

Mobil merupakan kendaraan yang digunakan untuk perjalanan jauh atau pun dalam kota. Apa lagi jika cuaca sedang musim hujan, mobil akan sangat dibutuhkan. Perlu adanya perawatan yang baik pada mobil, salah satunya service AC mobil secara rutin. Berikut ini komponen yang harus diperiksa saat melakukan service agar Anda bisa mendapatkan kenyamanan di mobil. 

  1. Oli Mobil

Saat melakukan service AC jangan lupa untuk melakukan penggantian oli. Komponen ini berperan penting agar bagian pistonnya bisa bekerja dengan optimal tanpa mengalami pengikisan. Jika oli dibiarkan dalam kondisi yang masih hitam akibatnya piston bisa memanas dan bagian kompresor menjadi tidak maksimal. 

Oli yang sudah menghitam tidak hanya mempengaruhi kinerja AC tetapi juga bisa berakibat buruk pada mesin mobil. Pastikan Anda melakukan penggantian oli sesuai dengan jenis mobil jangan sampai mengganti oli yang tidak cocok. Maka perlu untuk melakukan service di bengkel resmi agar barang-barang yang digantikan nantinya adalah original. 

  1. Spare Part

Komponen lainnya yang perlu diperiksa adalah spare part. Penggantian bagian ini pada mobil tak kalah penting agar Anda mendapatkan kenyamanan. Hanya saja biaya gantinya lumayan besar. Anda perlu memastikan juga bagian piston dan silinder tidak dalam keadaan rusak. Jika bagian lainnya rusak maka percuma saja mengganti spare part. 

  1. Magnetic Clutch

Komponen yang juga harus diperiksa saat melakukan service adalah magnetic clutch. Biasanya masalah yang terjadi pada AC adalah terasa dinginnya tidak stabil. Sesekali AC bahkan terasa panas. Anda yang mengalami masalah ini harus melakukan penggantian karena tidak bisa dilakukan reparasi. 

Jika dibiarkan saja tanpa melakukan penggantian maka percuma saja Anda melakukan service AC karena komponen pendukungnya mengalami kerusakan. Jadi setelah disservice coba kembali AC sudah menghasilkan dingin yang optimal atau belum. 

  1. Kondensor

Jangan lupa juga melakukan pemeriksaan pada kondensor. Anda bisa menjaga kestabilan komponen ini dengan melakukan perawatan yang terbaik. Jangan sampai kondensor ditumpuk kotoran agar tidak mengalami macet. 

Lantas jika terjadi masalah pada komponen ini Anda bisa menguras kondensor dengan menggunakan freon saat melakukan service. Beda halnya bila ternyata kondensor mengalami kebocoran, solusi satu-satunya adalah melakukan penggantian. Sebab kondensor yang bocor sudah pasti mengalami korosi. 

  1. Aki 

Aki merupakan komponen yang tak kalah penting pada mobil. Jika akhirnya sudah mengalami penuaan atau pun soak, maka kinerja bagian mesin dan lainnya termasuk AC tidak optimal. Aki ini jika sudah lemah bisa Anda lihat dari kemampuan mesin saat dihidupkan atau pun saat lampunya dinyalakan. 

Aki mobil ini memang mahal harganya sehingga Anda perlu melakukan perawatan dengan optimal. Pastikan aki ini dicek secara berkala agar tidak berimbas pada komponen lain mobil. Anda bisa melakukan perawatan dengan rutin memanaskan mobil sebelum digunakan.

  1. Kebersihan Dashboard

AC mobil yang letak utamanya ada di sekitar dashboard penting untuk Anda memastikan kebersihannya. Jangan biarkan ada debu yang menebal sehingga bisa menjadi masalah AC terjadi karena penyumbatan kotorannya. Bersihkanlah dengan menggunakan kain atau alat pembersih mobil. 

Ini hanya beberapa komponen yang perlu diperiksa. Anda bisa memeriksa komponen lainnya agar lebih puas dan lebih pasti kondisi mobil menjadi lebih baik. Buat AC mobil yang bermasalah sebaiknya dibawa ke bengkel AC mobil. Proses service akan lebih terpercaya saat Anda membawa mobil ke supercar.id untuk dilakukan service sehingga AC kembali membaik.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *